Hewan-hewan Ini Ternyata Memiliki Kecerdasan yang Tak Terduga
21 Feb 2018, 11:11 WIB
232

(foto: google)

Hewan kerap dianggap robot tanpa akal yang dirancang untuk makan dan kadang berkelahi. Namun, penelitian terbaru terus mengungkap kemampuan mereka.

Bahkan, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa hewan itu memiliki intelektual yang cukup baik. Berikut ini, spesies hewan yang cukup pintar seperti dikutip dari Listverse.

Simpanse

Hewan yang cukup cerdas ialah simpanse. Hewan yang memiliki nama ilmiah Pan ini berhasil membuktikan bahwa mereka memiliki alat intelektual untuk metakognisi, kemampuan untuk mengontrol ranah atau aspek kognitif.

Kucing

Hewan cerdas lainnya yang ada di dunia ini adalah kucing. Ya, ilmu kucing terbaru dari Universitas Tokyo mengonfirmasi apa yang dikhawatirkan pemilik kucing dan pemilik anjing yakni kucing tak peduli dengan Anda.

Para peneliti mendaftarkan 20 kucing peliharaan dalam sebuah penelitian untuk memastikan apakah kucing mengenali suara pemiliknya. Setiap kucing diuji di rumahnya dan mengalami beberapa rekaman audio. Pertama, tiga suara orang asing bernama kitty. Kemudian, pemilik kucing melakukan hal yang sama.

Datang satu orang asing terakhir untuk membingungkan kucing itu. Berdasarkan bahasa tubuh, peneliti menyimpulkan bahwa kucing memang membedakan antara suara yang berbeda dan sadar akan profil akustik unik pemiliknya.

Anjing

Ilmuwan dari Universitas Helsinki memastikan bahwa anjing mengetahui rahasia suasana hati tuan mereka. Anjing tak hanya mengukur kemarahan Anda tetapi belajar bagaimana mengubah sikap untuk membaurkannya.

Kadal

Perilaku fleksibel merupakan kemampuan untuk solusi segar yang intuitif saat berhadapan dengan masalah yang sebelumnya tak beres. Hewan yang paling cerdas secara konsisten menghardik upaya para ilmuwan untuk menipu mereka, namun tes semacam itu tak sering diberikan pada makhluk berdarah dingin dan rendah.

Hewan berdarah panas memiliki lebih banyak energi untuk dikembangkan demi mempelajari tugas baru, tapi mungkinkan sekelompok kadal dipaksa untuk belajar trik baru?

Jawabannya, seperti pada semua penelitian hewan adalah makanan. Dalam studi yang dipimpin oleh Manuel Leal, ahli ekologi perilaku di Duke Univeristy, kadal Anolis Evermanni tropis mengejutkan semua orang dengan kecenderungan asimilasi yang biasanya diperuntukan bagi kliring yang lebih berkilau.

Peneliti menyembunyikan cacing larva seukuran serangga di bawah blue disk. Karena kadal ini berburu dengan memanjat pohon, mereka tak memiliki pengalaman dalam menggali makanan, namun mereka menemukan cara yang berbeda untuk mengusir disk, baik melalui mulut atau moncong.

Ketika disk berbingkai kuning dibawa masuk juga, kadal yang menempel di disk biru yang mereka benar-benar yakin hingga lokasi incarannya diaktifkan. Secara keseluruhan, mereka melakukan seperti burung yang diduga lebih pintar dari studi serupa, meskipun kadal mendapatkan kredit ekstra karena darah mereka berdarah dingin.

source: techno.okezone.com