Minyak Kelapa, Tak Hanya untuk Memasak, Cek 4 Khasiatnya
21 Feb 2018, 01:21 WIB
586

(foto: google)

 

Minyak kelapa diketahui bagus untuk memasak. Namun ternyata ia memiliki manfaat lain. Apa saja manfaat dari minyak kelapa?

Kondisioner rambut
Sudah banyak produk perawatan rambut yang menggunakan minyak kelapa sebagai bahan utama. Namun sebaiknya kita menggunakan minyak kelapa asli. Usapkan cairan minyak kelapa ke kulit kepala dengan rutin, dua kali dalam sebulan sebelum tidur. Mungkin pada awalnya akan terasa tidak nyaman, tetapi rutinitas tersebut membuat rambut kita cepat panjang. Juga lembut, berkilau, dan anti ketombe.

Penghapus make up di mata
Bagi Anda yang sering merias wajah, pasti tahu ada beberapa make up yang sulit dihapus, salah satunya adalah maskara. Daripada menggunakan bermacam-macam produk, lebih baik coba oleskan minyak kelapa pada bagian bawah kelopak mata dengan tangan yang bersih. Lalu pelan-pelan hapus maskara untuk menghilangkan residu. Maskara akan mudah terangkat. Bonusnya, kita bisa menggunakan sisa minyak kelapa sebagai pelembap tubuh.

Membersihkan peralatan masak
Jika kesulitan membersihkan peralatan masak di rumah, gunakan minyak kelapa. Campurkan minyak kelapa dengan air, sabun cuci piring, dan sedikit pewangi untuk mengangkat noda hitam pada alat masak. Bisa juga mencampurkannya dengan baking soda. Dengan bahan-bahan alami, peralatan dapur bisa kinclong kembali seperti baru.

Menyembuhkan luka bakar
Terlalu bersemangat beraktivitas di bawah sinar matahari? Hasilnya kulit menjadi perih dan kemerahan. Sembuhkan luka dengan mengoleskan minyak kelapa pada area tubuh yang terbakar. Menurut Direktur Cosmetic & Clinical Research in Dermatology di Rumah Sakit Mount Sinai, dr Joshua Zeichner, minyak kelapa memiliki manfaat melembapkan dan ‘menenangkan’ kulit. Ia memiliki kekuatan menyembuhkan kulit yang mengalami peradangan. Selain itu minyak kelapa memiliki kandungan anti-mikrobial yang bisa mencegah infeksi.

 

Source: TabloidBintang & cantik.tempo.co

   FACEBOOK    TWITTER
Berita Terkait
pilihan editor
berita terpanas