6 Tip Merawat Rambut Berhijab
21 Feb 2018, 07:05 WIB
139

(foto: google)

 

Meskipun rambut ditutup kerudung atau hijab, bukan berarti Anda mengurangi intensitas perawatan rambut. Rambut yang ditutup hijab rentan terhadap masalah rambut lepek, rontok, bau karena keringat hingga berketombe. Kondisi ini terjadi karena sirkulasi udara di area kepala, terutama kulit kepala dan rambut, berkurang. Lakukan cara perawatan berikut!
 
1/ Keramas Air Hangat
Salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan rambut adalah suhu air saat keramas. Sebaiknya keramas menggunakan air hangat untuk membuka pori kulit kepala. Saat pori kepala terbuka, Anda dapat lebih mudah meluruhkan sebum, sel kulit mati, kotoran, atau ketombe yang menumpuk. Pada saat itu kulit kepala akan menjadi lebih lembap dan hangat, sehingga membantu penyerapan nutrisi sampo ke akar rambut. Setelah menggunakan sampo dan kondisioner, bilas dengan air dingin untuk menyegarkan kulit kepala, mencegah rambut rontok, dan melancarkan peredaran darah di kepala. Namun, jika rambut sedang rontok, keramas dengan air dingin saja, hindari air hangat.
 
2/ Pakai Sampo dan kondisioner yang 'sejuk'
Sama seperti kulit wajah, kulit kepala juga memiliki kondisi tersendiri, termasuk pada rambut yang ditutupi hijab, sehingga dibutuhkan jenis sampo dan kondisioner yang tepat. Cobalah sampo dengan kandungan daun mint yang menyejukkan kulit, daun mangkokan yang dapat membantu merawat rambut rontok, atau kacang polong dan kedelai dengan vitamin yang menutrisi dan menguatkan rambut.

3/ Rawat rambut seminggu sekali dengan masker herbal
Selain keramas, Anda perlu merawat rambut secara mendalam tiap seminggu sekali. Lakukan masker rambut untuk menjaga kondisi batang rambut tetap lembap. Gunakan masker dari bahan alami seperti lidah buaya, kopi, dan alpukat. Lakukan creambath untuk melancarkan peredaran darah pada kulit kepala. Jika bermasalah dengan ketombe, lakukan scrubbing pada kulit kepala dengan produk scrub khusus.

4/ Saat di rumah, lepas hijab untuk mengistirahatkan rambut
Gerai dan angin-anginkan rambut sambil disisir dengan paddle brush agar rambut bisa bernafas dengan baik. Semprotkan parfum rambut atau hair mist setelahnya.
 
5/ Pilih kerudung yang menyerap keringat
Agar sirkulasi udara di kepala lancar, pilih hijab dari bahan katun yang menyerap keringat. Sebaiknya tidak membiarkan rambut Anda sampai basah berkeringat. Gantilah segera hijab Anda. Jangan memakai hijab saat rambut dalam keadaan basah. Selain menyebabkan bau, kondisi ini bisa membuat rambut sensitive dan berketombe.
 
6/ Jangan menyiksa rambut
Hindari mengikat rambut terlalu kencang. Helai rambut akan mudah rapuh dan menyebabkan kerontokan. Sebaiknya Anda menata rambut model ponytail atau cepolan longgar saat berhijab. Sebulan sekali, ubah belahan rambut untuk mencegah garis tepi rambut Anda menipis dan rontok.

 

source: femina.co.id

   FACEBOOK    TWITTER
Berita Terkait
pilihan editor
berita terpanas