6 Manfaat Arang Aktif Bagi Kesehatan Tubuh

674

(foto: google)

 

Arang sering digunakan obat dan kecantikan. Tapi, kini arang aktif banyak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Penggunaan arang untuk kesehatan dan kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Arang aktif sangat ampuh untuk membersihkan tubuh dari berbagai racun dan zat berbahaya.

Arang aktif (activated carbon) bukanlah arang yang biasa digunakan untuk membuat bara api, melainkan karbon atau zat arang yang dihasilkan dari bahan-bahan alami.

Sahara Ketabi, pakar Ayuverda mengungkapkan enam hal yang dapat menjadi pertimbangan menggunakan arang aktif seperti dilansir dari www.brit.co 

  1. Mengecilkan Perut

Arang aktif diketahui dapat mengecilkan perut yang kembung. Campurkanlah suplemen arang ¼ sendok teh dengan rempah penyembuhan Ayurveda, seperti biji adas, jinten, dan jahe. Arang aktif akan meringankan perut.

  1. Membersihkan Kulit

Arang aktif ternyata ampuh untuk meredakan jerawat. Arang aktif akan masuk ke dalam pori-pori untuk menarik kotoran dari polusi, makeup, dan bakteri lain. Campurkan bubuk arang aktif dengan dua sendok teh gel lidah buaya dan oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa saat dan bilas dengan air bersih hingga bersih.

  1. Meredakan Mabuk

Arang aktif dapat membantu tubuh dalam proses detoksifikasi alami untuk mengurangi racun dalam tubuh setelah sebelumnya mabuk akibat minuman beralkohol. Arang aktif akan mengembalikan energi saat bangun di pagi hari. Untuk mendapatkan manfaat yang seimbang minumlah air yang banyak untuk membantu efek arang aktif. 

  1. Membersihkan Air

Arang aktif secara klinis terbukti secara alami menghilangkan unsur organik dan desinfektan sisa dalam air. Menggunakan arang aktif secara efisien dapat membersihkan air dari bahan kimia dan racun.

  1. Memutihkan Gigi

Arang aktif mampu mengembalikan warna alami gigi yang cerah sekaligus menjaga kesehatan mulut. Zat ini berfungsi untuk menyeimbangkan kadar keasaman dalam mulut, mencegah gigi berlubang, mengusir bau mulut, dan meredakan penyakit gusi.

  1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa arang aktif dapat mengurangi konsentrasi total lipid, kolestrol, dan trigliserida dalam darah, jantung, hati dan juga otak. Tambahkanlah arang aktif ke dalam makanan Anda. Kini banyak sekali makanan dan minuman yang memakai arang aktif.

source: liputan6.com

   FACEBOOK    TWITTER


Berita Terkait
pilihan editor
berita terpanas