3 Bahan Alami Pengganti Shampo

656

(foto: google)

 

Keramas tanpa shampo rasanya terdengar aneh bukan? Kenyataannya, generasi dulu belum mengenal shampo, tapi tetap bisa tampil dengan rambut yang sehat, bersih dan wangi, bukan?

Ternyata rahasianya adalah dengan mengombinasikan bahan alami sebagai shampo. Bahan-bahannya pun sangat mudah didapatkan dan cara mengolahnya juga sederhana. Dijamin, rambut Anda akan jauh lebih sehat.

Seperti yang dilansir dari situs PopSugar, berikut tiga ramuan alami yang dapat Anda jadikan pengganti shampo saat keramas.

  1. Baking soda dan minyak almond

Baking soda berfungsi mengikis penumpukan bahan kimia di kulit kepala, sementara minyak almond berfungsi sebagai kondisioner. Campurkan baking soda, air dan almond oil. Oleskan mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut Anda. Pijat kulit kepala Anda dan diamkan hingga 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

  1. Lemon dan mentimun

Asam sitrat yang terkandung dalam lemon dapat membantu Anda memecah penumpukan sebum sehingga menambah kilau rambut Anda. Sedangkan mentimun memberikan efek pendinginan yang menenangkan kulit kepala dan melembutkan setiap helaian rambut. Campurkan jus lemon dan jus mentimun kemudian aplikasikan dengan menggunakan kapas pada kulit kepala Anda.

Biarkan selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih. Keramas rambut Anda dengan cara alami ini secara rutin minimal dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut indah tanpa keramas menggunakan sampo.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung anti-bakteri, antiseptik, emolien yang berfungsi membantu membersihkan kulit kepala, mengontrol produksi minyak berlebih, menyehatkan helai rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut. Untuk itu Anda tidak lagi perlu menggunakan sampo saat keramas. Basahkan rambut Anda dan aplikasikan lidah buaya pada rambut dan kulit kepala, biarkan 15 menit lalu bilas hingga bersih.

 

source: liputan6.com

 

   FACEBOOK    TWITTER


Berita Terkait
pilihan editor
berita terpanas