Rumah Selalu Didatangi Nyamuk? Begini Cara Mengatasinya

630

(foto: google)

 

Salah satu hal yang paling bikin kesal di musim kemarau adalah makin banyaknya nyamuk di rumah Anda. Pasalnya, area selokan yang kering atau minimnya kondisi tanah basah membuat nyamuk memilih mencari lokasi gelap di dalam rumah sebagai tempat tinggalnya.

Kurangnya air di lingkungan luar juga membuat nyamuk lebih senang berburu darah. Nah, kondisi seperti inilah yang membuat nyamuk betah berada di rumah Anda.

Serba bertumpuk

Jangan terbiasa menumpuk barang di rumah Anda. Misalnya tas Anda biarkan bertumpuk di atas sofa, lalu kantung lainnya berserakan di pojok ruangan lainnya.

Nyamuk selalu menyukai tumpukan barang sebagai tempat persembunyiannya. Jika memang Anda belum sempat merapikannya, masukkan tas ke dalam lemari.

Tidak langsung mencuci pakaian kotor

Kadang ada saatnya Anda tak langsung mencuci pakaian yang sudah dipakai dengan alasan masih bersih. Tapi bukannya dipakai lagi, Anda malah membiarkannya tergantung di kamar atau bertumpuk di pinggir ranjang.

Jika memang pakaian yang sudah digunakan tidak akan dipakai dalam waktu dekat, segera cuci pakaian tersebut karena nyamuk selalu menyukai pakaian kotor.

Jarang mengganti seprai dan sarung bantal

Jangan biarkan seprai digunakan lebih dari 10-14 hari. Saat itu, di permukaan seprai sudah menempel banyak keringat, dan aroma keringat ini sangat disukai nyamuk.

Lalu, usahakan untuk merapikan ranjang setelah Anda gunakan pada malam hari dan semprotkan pengharum ruangan untuk menghindari aroma keringat menempel di kamar Anda.

Menyimpan dalam wadah gelap

Perhatikan wadah barang apa pun yang ada di dalam rumah. Jika kebanyakan berwarna gelap-misalnya Anda menyimpan perkakas di dalam kotak warna cokelat tua atau hitam—jangan heran jika area ini sering dihinggapi nyamuk.

Pilih wadah penyimpan berwarna cerah yang sifatnya memantulkan cahaya sehingga tidak menarik perhatian nyamuk.

Mengosongkan bagian bawah meja dan atas lemari

Bagian bawah meja dan atas lemari jangan dipandang sebagai lokasi oke untuk menyimpan barang. Makin penuh lokasi ini, makin banyak nyamuk yang bersembunyi di dalamnya dan baru keluar pada malam hari untuk berburu darah Anda.

Selalu bersihkan kolong meja dan atas lemari, tambahkan kamper, dan jangan biarkan barang Anda menumpuk di sana.

 

Source: property.liputan6.com & Rumah.com

   FACEBOOK    TWITTER


Berita Terkait
pilihan editor
berita terpanas