Kiat Memilih Batik Asli

182

(foto: google)

 

Bagi orang awam memilih batik pasti membingungkan. Bukan apa-apa, tapi pesona motif dan warnanya memang sering membuat konsumen sulit memilih, karena semuanya memukau.

Terpenting, pilihlah batik asli, yaitu yang menggunakan teknik cap atau tulis, bukan yang disablon. Batik Asli menggunakan lilin panas. Jadi cium dulu kainnya jika ada bau lilin yang digunakan oleh para pengrajin sebagai pelindung warna batik, maka batik bisa dipastikan asli.

Batik asli juga bisa dilihat dari kainnya, jika dibolak balik akan terlihat motif yang sama, bukan putih di salah satu sisinya. Motif pada batik asli pun seringkali tidak sama persis satu sama lain. Kadang ada warna yang keluar dari motif gambar, bisa dimaklumi, karena ini dibuat oleh tangan.

Lebih lanjut pengamat gaya Isyanti Tunggadewi, menyebutkan selain batik tulis dan cap, kini juga sedang tren batik print. “Kalau memilih batik print, sebaiknya pilih bahan katun, bukan yang silky, rayon atau polyester,” katanya yang dihubungi Tempo.

Motif yang klasik seperti parang, kawung, burung, masih menjadi favorit para pecinta batik. Begitu juga dengan warna soganan yang didominasi warna natural. “Tapi untuk yang gemar tampil lebih cerah bisa memilih batik pesisir yang khas berwarna terang tapi dengan motif tetap klasik,” ujarnya.

Para pria bisa memilih fashion batik dengan kemeja tangan pendek atau panjang, dengan kerah tinggi seperti model baju koko. Dipadu padankan dengan celana jeans atau celana resmi lainnya bisa saja. Bahkan dengan sarung pun. “Sekarang ini pakem berbusana sudah tidak seperti dulu yang serba teratur, kini semua sah saja, asal pas dan nyaman,” kata Isyanti.

Bahkan, pada pria, fashion batik pun pun kini bisa ditambah asesoris seperti syal, rompi dan lainnya. “Kecuali para pria yang konservatif, biasanya mereka polos saja dengan kemeja batiknya,” ujarnya menjelaskan

Sebagai pelengkap baju batik, Isyanti menyarankan agar menggunakan alas kaki model tertutup depannya. “Dengan model sepatu tertutup di depan, penampilan akan terlihat lebih bagus. Untuk acara santai, bisa saja menggunakan sandal model terompah. Tapi kebersihan kaki harus diperhatikan,” katanya.

 

source: gaya.tempo.co

   FACEBOOK    TWITTER


Berita Terkait
pilihan editor
berita terpanas