Akhir Pekan Sendirian Di Rumah Lakukan 6 Cara Mengusir Sepi

859

(foto: google)

 

Buat para lajang yang tinggal sendiri di rumah, apartemen, kontrakan, atau kos, tak perlu merasa kesepian. Tinggal sendiri mungkin bukan pilihan terbaik, walau banyak orang yang memilih tinggal sendiri daripada berbagi tempat tinggal dengan teman atau kerabat, karena bisa lebih menikmati privasi. Sendirian di rumah kadang membuat bosan, tapi bukan sesuatu yang tak bisa dinikmati. 


Meskipun banyak penelitian menyebut orang-orang yang tinggal sendiri justru tak merasa kesepian, kita mungkin sering memandang dengan aneh ruangan yang tidak memiliki penghuni lain itu. Tak perlu takut kesepian karena banyak cara untuk melupakan perasaan itu walau kita tinggal sendiri, seperti dilansir Hellogiggles.

1. Buat jadwal meninggalkan rumah
Banyak kegiatan di luar yang akan membuat kita meninggalkan rumah. Contohnya adalah berbelanja, berolahraga, berkumpul dengan teman, dan tentu saja bekerja.

2. Pelihara binatang
Anjing, kucing, ikan, burung, atau yang lebih ekstrem seperti iguana, bisa menjadi teman yang menyenangkan di rumah. Menurut sebuah penelitian pada 2012, ikatan antara manusia dan hewan bisa membantu produksi hormon oksitosin yang akan membuat kita lebih bahagia.

3. Perbanyak cahaya
Tidur dengan tirai tertutup memang menyenangkan tapi tak mampu mengusir kesan sepi. Jika kita merasa tidak terhubung dengan dunia luar, coba buka tirai dan perbanyak cahaya alami masuk dan memperbaiki suasana hati secara alami.

4. Batasi waktu melihat media sosial
Memantau media sosial dan melihat apa yang dilakukan orang-orang yang tidak kesepian tak akan membuat perasaan kita lebih baik saat sedang duduk sendiri di rumah. Hasil penelitian justru mengklaim menghabiskan banyak waktu untuk media sosial justru akan menambah perasaan sepi dan iri.

5. Cari penyebab
Cobalah cari tahu apa yang membuat kita kesepian. Kita pasti bisa menemukan pemicunya dan berusaha mengatasinya sebelum berdampak buruk pada tubuh.

6. Nikmati keuntungan tinggal sendiri
Nikmatilah kebebasan tinggal sendiri. Bisa makan enak sepuasnya tanpa perlu berbagi, tak perlu berebut memilih acara televisi, berebut kamar mandi, tidur lelap tanpa ada dengkuran teman atau suaranya saat menelepon. Enak kan?

 

Source: cantik.tempo.co

   FACEBOOK    TWITTER


Berita Terkait
pilihan editor
berita terpanas