5 Cara Ini Bikin Si Kecil Mau Makan Buah-Buahan

420

(foto: google)

 

Buah-buahan tidak hanya mengandung vitamin dan mineral, akan tetapi juga mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan. Meskipun rasanya manis dan enak, tak semua anak suka makan buah. Beberapa justru ada yang menolak karena tak suka rasa dan juga aromanya.

Dikutip dalam Singapore Child, ini 5 trik mudah yang bisa Anda lakukan agar si kecil mau mengonsumsi buah-buahan yang bervariasi.

  1. Campurkan dalam hidangan panggang
    Anda bisa mencampurkan buah-buahan ke dalam sajian kue. Gunakanlah buah asli, kayu manis dan vanilli untuk menambahkan rasa manis alami pada makanan yang dipanggang. Salah satunya adalah sajian brownies yang dicampur dengan ubi jalar dengan campuran strawberry ataupun blueberry bahkan pisang.
  1. Es loli dan es krim buah
    Si kecil tak akan menolak camilan yang dingin dan juga manis. Anda bisa membekukan anggur atau memotong semangka ke dalam wadah es. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan buah pisang dengan tambahan susu, kayu manis dan juga almond untuk membuat es krim. Bisa juga menambahkan campuran buah-buahan lainnya seperti mangga, pisang, strawberry dan juga kiwi yang dihaluskan dan dicetak dalam cetakan es loli dan diberi stik. Dessert ini cocok sebagai camilan sepulang sekolah.
  1. Mulailah dengan sari buah asli
    Untuk si kecil yang benar-benar tak menyukai buah, Anda bisa menambahkan buah jeruk dan juga strawberry ke dalam air. Begitu si kecil mulai menikmati air buah, Anda bisa mulai menambahkan. Buatlah smoothies dan juga jus buah yang enak untuknya. Salah satu yang bisa dicoba adalah buah pisang dengan tambahan susu atau buah alpukat yang diberi tambahan susu.
  1. Sesekali ganti jus dengan buah potong
    Anda bisa menawarkan sesekali segelas juga buah tanpa tambahan gula dengan ukuran 125 ml. Sebuah penelitian dari The Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) baru-baru ini menemukan bahwa porsi seglas jus sehari masih direkomendasikan. Akan tetapi si kecil juga tetap harus membiasakan diri untuk menikmati buah potong segar. Awali dengan mencoba buah-buahan yang empuk seperti pisang, semangka hingga jeruk.
  1. Beri contoh
    Tak harus selalu memerintah, Anda juga harus berperan sebagai guru bagi anak-anak. Berikan mereka contoh, jika Anda sering terlihat menikmati makanan seperti buah, anak akan secara otomatis penasaran mencobanya. Buatlah satu titik, Anda melibatkan mereka untuk memilih buah di supermarket dan juga bercerita mengenai manfaat dan rasa enak dari buah tersebut.

 

source: berbagai sumber

 

   FACEBOOK    TWITTER


Berita Terkait
pilihan editor
berita terpanas